top of page
bg footer 2.jpg
Sunscreen? Sunblock? Bedanya Apa?

Ladies, seringnya beraktivitas di luar ruangan emang kadang bikin khawatir kulit belang atau gelap karena terkena paparan sinar matahari secara langsung. Gak perlu khawatir karena sekarang kamu bisa menggunakan sunscreen dan juga sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV pada kulit. Tapi, apa sih bedanya sunscreen dan sunblock?


1. Sunscreen

Pada umumnya, sunscreen bekerja untuk memfilter dan menyerap sinar UV, lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Suncreen juga memiliki kandungan berupa avobenzone, oxybenxone, dan para-amnobenzoic acid atau PABA. Untuk cara pemakaiannya sebaiknya digunakan dengan cara digosok-gosok agar bahan aktifnya dapat menyerap ke dalam kulit dan menahan paparan sinar UV.


2. Sunblock

Jika sunscreen berfungsi untuk memfilter dan menyerap sinar UV, sunblock berguna untuk mencegah sinar UV A dan UV B masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. Untuk kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan sunblock karena memiliki kandungan zinc oxide atau titanium oxide yang cocok untuk kulit sensitif. Cara pemakaiannya, adalah cukup digunakan dengan cara dioleskan pada kulit untuk menghalangi paparan sinar matahari tanpa perlu digosok. Oleskan sunblock secara merata di seluruh bagian tubuh yang mudah terpapar sinar matahari. Setelah dioleskan, sunblock akan langsung bekerja menahan sinar matahari. Berbeda dengan sunscreen yang umumnya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menyerap ke dalam kulit sebelum melindungi kulit dari sinar matahari.

Source :

https://www.alodokter.com/4-perbedaan-sunscreen-dan-sunblock-yang-perlu-diketahui

https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya


bottom of page